Sunday, May 20, 2012

Konfigurasikan Ftp Server Pada Linux Debian

hari ini saya akan membuat tutorial tentang cara mengkonfigurasi ftp server :), tingakat kesulitan pada ftp ini hanyalah pada konfigur proftpd.conf dan lain sebagainya tetapi jika di lakukan dengan sungguh-sungguh dan kerja keras nih saya akan membagikan tutorialnya kepada sobat-sobat semua mudah-mudahan bermanfaat gan :).

  Ø  FTP-SERVER
FTP (File Transfer Protocol) adalah suatu protocol yang berfungsi sebagai tukar menukar file dalam suatu network yang mensuport TCP/IP protocol. Dua hal yang penting yang harus ada dalam FTP yaitu: FTP server dan FTP client. FTP server menjalankan software yang digunakan untuk tukar-menukar, yang selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat request dari FTP client, FTP client adalah computer yang merequest koneksi ke FTP server dengan tujuan untuk tukar menukar file (yang biasa di sebut upload dan download file).

Software yang dapat digunakan dalam tukar-menukar file yaitu: FileZilla. FileZilla adalah sebuah software yang berfungsi sebagai penghubung koneksi antara FTP client dan FTP server, selain penghubung antara FTP client dan FTP server FileZilla juga berfungsi sebagai pengupload website, pengambilan data,dan lainnya.

  Ø  Tipe FTP di bagi menjadi dua bagian yaitu Anonymous dan Authenticated
1.      Pada Tipe Anonymous pengguna tidak memerlukan account pada server sebagai izin masuk. Dalam tipe Anonymous Account tidak memerlukan password, walaupun user diminta mengisi E-mail sebagai password, dalam tipe pengguna tidak memerlukan verifikasi, jadi pengguna account bisa langsung masuk ke FTP server.
2.      Pada Tipe Authenticated pengguna harus memerlukan account pada server sebagai izin masuk, pada Tipe Authenticated pengguna merlukan password untuk bisa masuk ke FTP server.


Ø  KONFIGURASI FTP SERVER
           ·          Install paket yang di butuhkan untuk proftpd dengan perintah “apt-get install proftpd
kemudian pilih Y untuk melanjutkan
           ·          pada option “Run Proftpd” pilih “standalone” lau pilih “OK”
g
           ·          Setelah selesai proses instalasi ftp server, edit file proftpd dengan perintah “mcedit /etc/proftpd/proftpd.conf
           ·          Tekan tombol f9 di keyboard, kemudian pilih command “Go to line
·         Kemudian Enter line ke line 74
·         Setelah anda berada di line 74 lalu tulis script
UseReverseDns off dan IdentLookups off

·      Setelah mengetikan script tadi kemudian save konfigurasi proftpd.conf dengan perintah”f2” lalu keluar konfigurasi “f10”.
·         Setelah keluar dari proftpd.conf  lalu kemudian kita keluar dari directory proftpd dengan perintah “su -” kemudian restart proftpd /etc/init.d/proftpd restart”.








No comments :

Post a Comment

silahkan komentar